0 Comment
Presiden Direktur Handojo Kusuma AXA Mandiri Handojo G. Kusuma Foto: Saifan ZakingPresiden Direktur Handojo Kusuma AXA Mandiri Handojo G. Kusuma Foto: Saifan Zaking

Jakarta - PT AXA Mandiri Financial Services memanfaatkan aplikasi pesan singkat WhatsApp (WA) untuk berinteraksi dengan para nasabah. Langkah itu, dibutuhkan sanggup menjaring nasabah lebih banyak lagi.

Presiden Direktur Handojo Kusuma AXA Mandiri Handojo G. Kusuma, mengungkapkan pihaknya ketika ini memanfaatkan layanan digital dalam melaksanakan sosialisasi, edukasi perihal asuransi, sampai layanan purna jual ke nasabah.

Presiden Direktur AXA Mandiri sendiri, kata Handojo, ketika ini telah memberi fasilitas nasabah untuk pengajuan proses klaim kesehatan lewat WhatsApp. Dengan demikian, nasabah hanya perlu mengirimkan foto dokumen yang dibutuhkan untuk sanggup memproses pengajuan klaim.

"Layanan digitalisasi di asuransi ke depannya menjadi keharusan seiring perkembangan kebiasaan masyarakat khususnya generasi milenial. AXA berdikari akan menyesuaikan perkembangan ini dengan sejumlah inovasi," terang Handojo Kusuma di Oakwood, Jakarta Selatan, Kamis (10/1/2019).


Handojo menyampaikan sistem digitalisasi lewat layanan pesan singkat ini akan lebih dikembangkan. Semua ini dilakukan untuk sanggup menunjukkan fasilitas terusan kepada para nasabahnya.

"Memudahkan dan menunjukkan terusan kepada nasabah kita, kita lagi berdiri suatu platform digital base of WA supaya customer sanggup berinteraksi dengan kita," jelasnya.

Alasan lainnya, tambah Handojo, alasannya yakni ketika ini masyarakat Indonesia sendiri secara umum dikuasai memakai aplikasi WhatsApp. Dengan menyebarkan sistem tersebut, fasilitas dalam memperkenalkan produk asuransi yang gres pun akan semakin mudah.

"Iya, alasannya yakni kita tahu bahwa WA sendiri widely use ya, itu termasuk salah satu yang boleh dibilang the most use, bila nasabah sudah biasa pakai WA dan kita mau introduce suatu yang gres jadi lebih mudah," terangnya.

Selain itu, penggunaan WhatsApp sendiri sanggup menjadi nilai tambah tersendiri dalam berinteraksi dengan kustomer.

"Agar customer sanggup menerima update soal informasi untuk berkomunikasi kepada kita dan menambah touch point kepada customer kita bukan hanya pada waktu pembayaran premi dan pembayaran klaim saja," ujarnya.


Tantangan Jualan Asuransi Jiwa

Handojo juga mengungkapkan bahwa perusahaan asuransi mempunyai kendala dalam penjualan produk.

Presiden Direktur PT AXA Handojo Kusuma berbicara mengenai tantangan yang dihadapi, salah satunya yakni penjualan asuransi secara online masih belum maksimal.

"Untuk menjual produk asuransi jiwa secara digital itu masih belum sanggup jalan alasannya yakni produk asuransi jiwa kan harus diterangkan, harus face to face, itu yang menjadi tantangan," terangnya.

Ia menyebutkan bila penjualan produk secara online terus dikembangkan. Hal itu dilakukan biar calon nasabah sanggup membeli suatu produk asuransi.

"Penjualan digital itu sendiri yang kita ingin berdiri ekosistemnya untuk menjual asuransi secara eksklusif dan nasabah sanggup menentukan sendiri," ujarnya.

Tantangan perusahaan dalam menjual produk tiap tahun pun tidak ada perubahan yang signifikan, yaitu yakni untuk membuat kesadaran akan pemahaman asuransi yang masih kurang.

"Tantangan dari tahun ke tahun tidak jauh berbeda, kita harus sanggup create awareness dalam hal asuransi," tutupnya.

Post a Comment

 
Top